Ekonomi Hijau, Arah Pembangunan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

JAKARTA-Pemulihan ekonomi 2021 bergantung pada banyak skenario. Pandemi Covid-19 menyadarkan Indonesia untuk mempercepat transformasi menuju ekonomi hijau.Sejalan dengan amanat Presiden, strategi pemulihan ekonomi tidak semata memacu ekonomi dalam jangka pendek. Namun, mempunyai tujuan membangun kembali Indonesia lebih baik, tangguh, dan berkelanjutan di masa mendatang.
"Di masa pandemi Covid-19 ini, kami memiliki pekerjaan besar untuk memastikan pencapaian target pembangunan berkelanjutan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dalam Dialog Ekonomi Hijau di kanal YouTube Tempo, Rabu, 20 Januari 2021.

Suharso juga menyampaikan, dampak multi dimensi dari pandemi Covid-19 dalam jangka panjang, berpotensi menghambat pencapaian visi Indonesia 2045. Transformasi ekonomi perlu dilakukan agar Indonesia dapat lepas dari middle income trap dengan mengubah struktur perekonomian dari sektor yang memiliki produktivitas rendah menuju sektor-sektor yang mempunyai produktivitas tinggi.
Share:

Recent Posts