World Bank beri kunci pemulihan ekonomi Indonesia: Jaga kesehatan dan dorong konsumsi

 

World Bank beri kunci pemulihan ekonomi Indonesia: Jaga kesehatan dan dorong konsumsi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Dunia (World Bank) memprediksi perekonomian Indonesia akan tumbuh 4,4% pada tahun 2021. Namun, pada tahun ini ekonomi Indonesia diperkirakan masih akan tumbuh minus 2,2% yoy. 

Acting Lead Economist World Bank Indonesia Ralph Van Doorn mengungkapkan, ada beberapa hal yang menjadi kunci dalam pemulihan perekonomian Indonesia. 

“Kami menyarankan untuk pemerintah menjadikan kesehatan masyarakat menjadi prioritas. Vaksin yang aman juga merupakan hal yang bisa mendukung sektor kesehatan membaik,” ujar Ralph, Kamis (17/12). 

Selain dari sektor kesehatan, Ralph juga menyarankan agar pemerintah terus hadir dalam memberikan bantuan dan dukungan bagi rumah tangga. Apalagi, konsumsi rumah tangga merupakan motor penggerak perekonomian Indonesia. 

Baca Juga: Ada empat kebijakan untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah tahun depan, apa saja?

Kemudian, hal yang menjadi kunci lain adalah dukungan bagi dunia usaha, reformasi fiskal, juga reformasi struktural agar bisa menggenjot pertumbuhan jangka panjang dan mendukung tersedianya lapangan kerja dan sumber penghasilan masyarakat. 


https://nasional.kontan.co.id/news/world-bank-beri-kunci-pemulihan-ekonomi-indonesia-jaga-kesehatan-dan-dorong-konsumsi



Share:

Recent Posts